Manfaat Keripik Daun Singkong

Hai teman-teman semuanya pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai manfaat keripik daun singkong yang mungkin belum anda tahu. 

Namun sebelum ke penjelasannya yuk simak telebih dahulu mengenai apa itu keripik dan juga kandungan nutrisi yang terdapat pada daun singkong. 

Apa itu keripik? 

Keripik adalah sejenis makanan ringan berupa irisan tipis dari umbi-umbian, buah-buahan, atau sayuran yang digoreng di dalam minyak nabati. Untuk menghasilkan rasa yang gurih dan renyah biasanya dicampur dengan adonan tepung dengan tambahan rempah-rempah dan penyedap rasa. 

Keripik sebagai produk olahan memiliki kandungan air yang rendah sehingga tahan untuk disimpan dibandingkan dengan menyimpan bahan baku keripik dalam bentuk segar. 

Kandungan Nutrisi Daun Singkong 

manfaat keripik daun singkong

Dibandingkan dengan daging buah singkong, daun singkong justru lebih menawarkan segudah manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Selain enak untuk diolah menjadi beragam hidangan, daun singkong mengandung berbagai macam nutrisi termasuk vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. 

Kandungan nutrisi ynag terdapat pada daun singkong diantaranya adalah protein, lemak, arbohidrat, serat, kalisum, fosfor, besi, natrium, seng (zinc), beta-karoten, tiamin (vitamin B1), tiboflavin (vitamin B2), niasin, dan juga vitamin c. 

Manfaat Daun Singkong 

manfaat keripik daun singkong

Meskipun daun singkong masuk ke dalam jenis makanan yang rendah kalori, nyatanya mengonsumsi daun singkong bisa menghasilkan rasa kenyang yang lebih tahan lama. Hal ini berkat kandungan nutrisi yang ada di dalamnya.  

Jika anda hendak membuka usaha keripik singkong, anda bisa menggunakan mesin keripik singkong sehingga bisa menghemat waktu dan juga tenaga anda. Mesin keripik singkong ini bisa anda beli di Rumah Mesin yang sudah terjamin kualitas mutunya.

Nah berikut ini adalah manfaat daun singkong yang perlu anda ketahui : 

1. Mengobati diare 

Singkong memang sudah lama dikenal mampu mengatasi sembelit yang bisa membuat kita merasa tidak nyaman. Namun, daun singkong justru bisa mengatasi gangguan pencernaan lain, yakni mampu mengatasi masalah diare. Hal ini dibuktikan dari hasil penelitian Journal of Ayurvedic and Inetergative Medicine. 

BACA JUGA  Grosir Karpet masjid murah di bandung

Para peneliti yang melakukan penilitian tersebut menggunakan tikus lab yang mengalami diare dan diinduksi oral ektrak daun singkong atay salah satu dari dua obat anti diare. Dan hasilnya, tikus yang diberi daun singkong mengalami penurunan gejala yang sama dengan obat anti diare. 

Meski dengan demikian, penelitian tersebut menggunakan ekstrak daun singkong yang dicampur dengan alkohol dan bisa mengobati diare sesekali. Dan masih diperlukan penelitian yang lebih lanjut lagi untuk melihat apakah manfaat daun singkong yang satu ini berlaku pada manusia. 

2. Membantu memenuhi kebutuhan protein 

Bukan hanya mengobati diare saja, daun singkong juga bermanfaat bisa memenuhi kebutuhan zat gizi protein. 

Kadar protein pada daun singkong ternyata cukup tinggi, bahkan jumlah total asam amino esensisa pada protein daun singkong sama dengan yang terdapat pada telur ayam. 

Ini artinya, kandungan protein pada daun singkong lebi besar dari yang ada pada daun bayam, kedelai, oat hingga bulir padi. Jadi sudah tidak heran jika daun singkong digadang-gadang mampu memnuhi kebutuhan protein. 

3. Meningkatkan fungsi kognitif 

Kandungan beta karoten yang terdapat pada daun singkong ternyata mampu memberikan mafaat yang baik bagi fungsi kognitif anda. Hal ini disebutkan dalam ulasan yang dimuat dalam Cochrane. 

Di dalam ulasn tersebut mencakup delapan penelitian yang berfokus pada senyawa antioksidan, termasuk beta-karoten. Para peneliti meneumak adanya manfaat kecil terkait dengan suplemen beta kroten terhadap kesehatan fungsi otak dan memori.  

Manfaat pada otak ini diperoeh setelah mendapatkan suplemen beta karoten dalam jangka yang panjang, yaitu rata-rata 18 tahun. Meski dengan demikian, para ahli tidak menjumpai pengaruh yang signifikan dalam jangka pendek, sehingga diperlukan penilitan yang lebih lanjut. 

BACA JUGA  Mengenal Jenis-Jenis Behel Gigi yang Berkualitas

4. Membantu mengatasi radang sendi 

Daun singong memiliki kandungan mineral magnesium yang cukup untuk mengatasi radang sendi. Kandungan mineral ini merupakan keempat yang terbanyak di dalam tubuh. Mineral ini menawarkan segudang manfaat yang baik untuk kesehatan kita, dan salah satunya adalah mengurangi peradangan. 

Bagi anda yang memiliki penyakit radang sendi (arthitis) mungkin bisa mendapatkana manfaat magnesium dari daun singkong. Hal dikarenakan, dengan asupan magnesium yang cukup maka bisa membantu mengembangkan dan memadatkan tulang. 

Bukan hanya bisa mengurangi risiko radang saja, kandungan magnesium pada daun singkong juga bisa meminimalkan risiko patah tulang apabila dikonsumsi dengan benar. 

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh 

Manfaat yang selanjutnya datang dari tingginya kandungan vitamin c dan juga folat pada daun singkong yang mampu untuk meningkatkan sistem kekbalan tubuh kita. 

Vitamin C berperan penting dalam melawan bakteri dan juga virus berbahaya, serta memberantas radikal bebas dalam tubuh. Sementara itu, folat atau vitamin B9 mampu membantu meningkatkan produksi sel dengan menghindari mutasi DNA. 

Hal inilah yang menyebabkan banyak orang yang percaya bahwa manfaat daun singkong menjadikan tubuh mereka lebih sehat dan terhindar dai risiko penyakit. 

Kandungan dan juga manfaat keripik daun singkong memanglah berguna bahi kesehatan tubuh kita. Anda bisa memasukkan dedaunan hijai ini ke dalam menu harian anda sebagai sayuran guna memperoleh khasiat yang baik bagi kesehatan tubuh.