IELTS Speaking Tips – Cara Mudah Mendapatkan Skor Tinggi

Waktu Berpikir Diizinkan
IELTS Speaking Tips – Banyak siswa mengeluh bahwa mereka tidak dapat memikirkan ide-ide bagus dalam tes berbicara. Bagian 1 dari tes berbicara tentang Anda, jadi Anda tidak perlu waktu untuk menjawab pertanyaan tentang diri Anda. Di bagian 2 Anda akan diberikan waktu untuk mempersiapkan jawaban Anda, jadi sekali lagi jangan terlalu khawatir tentang ini. Namun, Bagian 3 adalah bagian yang paling sering ditakuti siswa karena pertanyaannya lebih ‘menantang’ dan perlu beberapa saat untuk memikirkan jawaban yang baik. Ini benar-benar alami dan itu adalah sesuatu yang mungkin Anda lakukan sepanjang waktu dalam bahasa ibu Anda sendiri. Yang penting adalah memberi tahu penguji bahwa Anda perlu beberapa saat untuk berpikir dengan mengatakan sesuatu seperti:
• ‘Itu pertanyaan sulit; biarkan aku berpikir sejenak. “
Yang penting adalah hanya menggunakan teknik ini ketika Anda benar-benar harus. Jika Anda memulai setiap kalimat seperti ini, penguji akan berpikir Anda telah menghafal jawaban dan mengecewakan Anda.

IELTS Speaking Tips – Cara Mudah Mendapatkan Skor Tinggi

Perbaiki kesalahanmu
IELTS Speaking Tips – Orang membuat kesalahan ketika mereka berbicara sepanjang waktu, terutama ketika mereka gugup dalam ujian. Pemeriksa memahami ini dan tidak masalah untuk memperbaiki kesalahan yang Anda buat. Beberapa siswa tidak suka melakukan ini karena mereka pikir itu membuat jelas kepada penguji bahwa Anda membuat kesalahan. Jangan khawatir, pemeriksa selalu tahu kapan Anda melakukan kesalahan dan memperbaikinya menunjukkan kepada pemeriksa bahwa Anda benar-benar tahu tata bahasa Anda. Ketika Anda melakukan kesalahan kecil, cukup ucapkan maaf dan ulangi kalimat dengan benar.

BACA JUGA  Memahami Pengertian Ibadah

Jangan pernah belajar jawaban yang ditulis dalam naskah
IELTS Speaking Tips – Saya tahu saya sudah mengatakan ini, tetapi ini adalah kesalahan besar yang layak untuk dikatakan lebih dari sekali. Jika seorang guru memberi tahu Anda untuk menghafal jawaban, guru itu tidak tahu apa yang ia bicarakan dan Anda harus mencari guru baru. Juga, jika Anda membaca buku teks atau situs web yang menyarankan Anda untuk mempelajari beberapa jawaban skrip, buang buku itu ke tempat sampah dan jangan pernah kembali ke situs web itu. Mempelajari skrip adalah cara terbaik untuk mendapatkan band 0. Sebaliknya, Anda harus fokus pada pengembangan keterampilan berbicara Anda, sehingga Anda akan dapat menanggapi setiap situasi dalam ujian dan kehidupan secara umum.

IELTS Speaking Tips – Cara Mudah Mendapatkan Skor Tinggi

Tetap Sederhana
IELTS Speaking Tips – Kesalahan terbesar yang dilakukan siswa adalah mencoba menunjukkan betapa hebatnya tata bahasa dan kosa kata mereka. Dengan ini, maksud saya mencoba menggunakan kata-kata canggih dan struktur tata bahasa yang mereka tidak tahu bagaimana menggunakannya dengan benar. Untuk kosa kata, ini berarti termasuk kata-kata yang mungkin terdengar sangat rumit tetapi menggunakannya secara tidak tepat. Jika Anda menggunakan kata yang salah, Anda akan kehilangan nilai. Karena itu akan lebih baik jika Anda menggunakan kata sederhana yang Anda mengerti daripada kata panjang yang rumit. Saya memberi tahu siswa saya untuk mengikuti aturan 100% – Jika Anda tidak 100% yakin tentang sebuah kata, jangan gunakan itu dalam tes IELTS. Dengan 100% saya maksudkan bahwa Anda memahami.

BACA JUGA  Informasi Pendaftaran Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN)


Jika Anda tidak tahu hal-hal ini, gunakan kata yang lebih sederhana. Hal yang sama berlaku untuk tata bahasa. Jauh lebih baik menggunakan struktur sederhana dan membuat kalimatnya benar, daripada mencoba menggunakan struktur yang sangat rumit dan membuat kesalahan. Sekalipun Anda membuat kesalahan kecil, hukuman itu dianggap sebagai ‘bebas kesalahan’ dan ini akan membuat Anda mendapat nilai yang berharga.