Cara Membuat Sambal Bawang Tomat Yang Enak Dan Segar

 Cara membuat sambal bawang tomat yang enak dan segar sangatlah mudah dibuat sendiri dirumah, kalian bisa membuatnya sebagai pendamping makanan atau sebagai cocolan.

Manfaat Tomat

Cara Membuat Sambal Bawang Tomat

1. Ampuh Menangkal Kanker

Tomat sangat kaya akan kandungan vitamin C dan antioksidan. Dengan komponen ini, tomat adalah buah ampuh untuk melindungi tubuh dari radikal bebas penyebab kanker. Beberapa penelitian menyebut bahwa kandungan beta karoten yang bersifat antioksidan secara signifikan mampu menangkal pertumbuhan tumor pada kanker prostat.

2. Menurunkan Tekanan Darah

Mempertahankan asupan natrium yang rendah membantu menjaga tekanan darah tetap normal. Namun, meningkatkan asupan kalium juga penting karena efek pelebarannya pada arteri.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan serat, kalium, vitamin C, dan kolin dalam tomat adalah komponen penting untuk mendukung kesehatan jantung.,Peningkatan asupan kalium, bersama dengan penurunan asupan natrium, adalah perubahan pola makan paling penting yang dapat dilakukan rata-rata orang untuk mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

4. Mengontrol Gula Darah

Studi menunjukkan bahwa orang dengan diabetes tipe 1 yang mengonsumsi diet tinggi serat memiliki kadar glukosa darah yang lebih rendah. Salah satu andalannya adalah tomat. Peneliti merekomendasikan untuk mengonsumsi sekitar 25 g serat per hari untuk wanita dan sekitar 38 g per hari untuk pria.

5. Melancarkan Pencernaan

Mengonsumsi makanan yang mengandung banyak air dan serat, seperti tomat, dapat membantu melembapkan dan mendukung pergerakan usus yang normal. Tomat sendiri dianggap sebagai buah pencahar yang efektif. Serat dalam tomat menambah kotoran pada tinja dan membantu mengurangi sembelit, sehingga pencernaan jadi lebih lancar.

6. Memelihara Kesehatan Mata

Tomat merupakan sumber makanan yang kaya akan likopen, lutein, dan beta karoten. Ini adalah antioksidan kuat yang telah terbukti melindungi mata terhadap kerusakan, perkembangan katarak, dan degenerasi makula terkait usia.

7. Memperbaiki Kerusakan karena Rokok

Asam coumaric dan asam klorogenat yang terkandung dalam tomat diketahui ampuh dalam membantu melindungi tubuh dari efek buruk asap rokok. Tak hanya bagi perokok aktif, ini juga bermanfaat utnuk perokok pasif.

8. Mendukung Imunitas Tubuh

Melimpahnya kandungan vitamin C, jus tomat segar sangat baik dalam meningkatkan tingkat kekebalan tubuh kita. Vitamin C di dalamnya juga mengendalikan peningkatan hormon stres, membantu tubuh tetap berenergi dan fit setiap hari.

9. Membantu Membakar Lemak

Tak heran jika tomat merupakan salah satu bahan makanan yang seringkali dijumpai pada menu salad atau makanan sehat lainnya. Karena memang dibutuhkan dalam program diet.

10. Mempercantik Kulit

Tomat merupakan unsur penting dalam sebagian besar perawatan kecantikan. Buah ini membantu mengatasi pori-pori besar, jerawat, menenangkan kulit terbakar, dan menyegarkan kembali kulit kusam.

Manfaat Bawang Putih

1. Menurunkan Tekanan Darah dan Kolesterol

Salah satu manfaat bawang putih bagi kesehatan yaitu bisa menurunkan tekanan darah dan kolesterol. Hal ini telah dibuktikan oleh penelitian yang pernah dipublikasikan di Journal of Nutritional Biochemistry.

BACA JUGA  Kegunaan Daun Pokok Kelapa Bagi Kehidupan, Apa Saja?

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat bawang putih juga bisa membantu melindungi para penderita diabetes dari kardiomiopati (penyakit kronis pada otot jantung). Fakta ini didapat berdasarkan riset yang dipublikasikan di Journal of Agricultural and Food Chemistry.

3. Mencegah Flu

Mengonsumsi rutin bawang putih dapat mengurangi frekuensi penyakit influenza sekaligus dapat mencegahnya.

4. Menurunkan Risiko Osteoartritis

Khasiat bawang putih lainnya adalah mencegah osteoartritis . Sebuah studi mengenai hal ini sempat dilakukan di King’s College London dan University of East Anglia.

5. Mengurangi Risiko Kanker Paru

Mengonsumsi bawang putih mentah minimal dua kali dalam seminggu bisa menurunkan risiko kanker paru sebesar 44 persen.

6. Mencegah Alzheimer dan Demensia

Salah satu khasiat bawang putih yaitu menurunkan berbagai risiko penyakit. Manfaat ini didapat dari kandungan antioksidan di dalam bawang putih. Kandungan tersebut dapat membantu melawan radikal bebas.

7. Memberikan Efek Detoksifikasi

Manfaat bawang putih untuk dapat memberikan efek detoksifikasi diperoleh dari kandungan sulfur di dalam bawang putih. Jika dalam dosis tinggi, maka kandungan ini akan menunjukkan efek proteksi atau perlindungan pada organ tubuh dari racun metal yang kemungkinan ada di dalam tubuh.

8. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Sebuah penelitian yang pernah menggunakan ekstrak bawang putih yang dikeringkan pada seorang wanita menopause. Hasilnya ditemukan adanya penurunan defisiensi estrogen yang dapat menyebabkan seseorang mengalami osteoporosis.

9. Mencegah Kerusakan Hati

Kerusakan hati paling sering disebabkan oleh kebiasan buruk, seperti mengonsumsi minuman beralkohol dalam jangka panjang. Namun, hal ini dapat dicegah jika memperoleh khasiat bawang putih.

10. Mencegah Kelahiran Prematur

Penyebab seringnya kelahiran prematur adalah adanya infeksi pada masa kehamilan. Bawang putih memiliki efek antibikrobial untuk mencegah infeksi atau menurunkan risiko kelahiran prematur.

Manfaat Bawang Merah

1. Mengobati Maag

Mengonsumsi bawang merah bisa menjadi obat maag alami. Bawang merah cukup dibersihkan dan dimakan mentah. Selain itu, bisa dicampur dengan makanan lain seperti kecap untuk menghindari bau yang menyengat.

2. Menurunkan Demam

Manfaat bawang merah untuk bayi untuk menurunkan demam. Cukup campurkan parutan bawang merah dengan minyak kelapa atau sedikit asam dan balurkan ke tubuh secara merata, khususnya punggung dan perut sehingga bisa menghangatkan badan.

3. Melancarkan Pernapasan

Lendir yang terdapat pada tenggorokan bisa menghambat jalur pernapasan, hal ini bisa di atasi dengan mengonsumsi bawang merah. Cukup memakan bawang merah mentah dan acar agar tubuh terasa hangat dan melancarkan pernapasan.

4. Mengatasi Masuk Angin

Bawang merah juga bisa menjadi obat masuk angin. Cukup potong bawang merah dan campur dengan sedikit minyak kelapa. Kemudian, gosokkan campuran ke area punggung hingga kulit berwarna kemerahan.

5. Menurunkan Kolesterol

Kolesterol yang berlebihan tidak baik bagi tubuh manusia. Tetapi, dengan mengonsumsi bawang merah, kadar kolesterol dapat berkurang.

BACA JUGA  Catering Nasi Kebuli di Bekasi Timur Recomended !!

6. Mengobati Luka

Untuk mengatasi luka pada tubuh, bisa menggunakan bawang merah . Caranya cukup mengrajang – rajang bawang merah kemudian campur dengan minyak kelapa dan garam. Lalu panaskan semua bahan hingga mendidih. Setelah itu, dinginkan bahan yang sudah tercampur dan oleskan pada luka secara rutin, minimal tiga kali sehari. Dengan begitu, luka pada tubuh akan cepat kering dari luar dan dalam.

7. Menormalkan Kadar Gula Darah

Bawang Merah juga bisa untuk meningkatkan kadar insulin dan membantu proses glikolisis pada penderita diabetes yang menyebabkan turunnya kadar gula darah.

8. Mata Ikan

Bawang mentah dapat kita manfaatkan untuk mata ikan dengan meletakkan potongan bawang merah pada area mata ikan.

9. Meningkatkan Kesehatan Otak

Bawang bombay mengandung asam folat untuk membantu meningkatkan kesehatan otak. Bahan lain dalam bawang merah seperti zat besi dan pyrithione juga meningkatkan fungsi otak dan meningkatkan aktivitas neurologis.

10. Meningkatkan Stamina Pria

Manfaat bawang merah jantan dapat meningkatkan stamina. Pasalnya, kandungan fitokimia pada bawang merah dapat merangsang vitamin C untuk meningkatkan kekebalan tubuh sehingga penyakit dalam tubuh dapat dicegah.

Resep Cara Membuat Sambal Bawang Tomat

Cara Membuat Sambal Bawang Tomat

1. Cara Membuat Sambal Bawang Tomat

Bahan – bahan

100 gram cabe merah keriting

25 gram cabe rawit bagi yang suka pedas

8 siung bawang merah

2 butir kemiri

2 blok terasi ABC panggang

1 keping kecil gula merah

1 sdt garam

3 lembar daun jeruk purut

2 buah tomat

1/2 sdt kaldu jamur

1 sdm air asam Jawa

Cara Membuat Sambal Bawang Tomat:

1. Haluskan cabe dan bawang, kemiri, terasi.
2. Tumis cabai yang sudah digiling. Tambahkan daun jeruk. Setelah harum masukkan tomat yang sudah dihaluskan.
3. Masukkan gula merah, air asam, tambahkan garam dan gula serta kaldu jamur. 
4. Koreksi rasa. Masak hingga berminyak.
5. Siap untuk disajikan

2. Cara Membuat Sambal Bawang Tomat Tanpa Minyak

Bahan – bahan:

10 cabe rawit merah (cabe setan)

3 cabe merah keriting1 buah tomat segar (ukuran besar)

2 siung bawang putih

1 sdt garam

1/2 sdt gula pasir

Penyedap rasa secukupnya (optional)

Cara Membuat Sambal Bawang Tomat Tanpa Minyak:

1. Cuci bersih cabe rawit, cabe keriting, dan bawang putih.

2. Siapkan ulekannya, dan ulek deh semua bahan2nya. Untuk tomatnya bisa diulek terakhir, diulek kasar saja. Jangan terlalu halus

Jika anda ingin mengupas bawang lebih mudah dan lebih praktis gunakanlah mesin pengupas bawang karena pada umumnya menggunakan sistem manual, dan itu biasanya lama prosesnya. Untuk lebih mudahnya proses pengupasan bawang merah dan bawang putih. Sehingga anda tidak perlu cape – cape mengupas bawang dan mempercepat pengerjaan terutama bagi penjual sambal bawang.

Sambal ini juga cocok dengan resep sambal ayam goreng.
Mungkin itu informasi dari saya, semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Terimakasih