Cara Membuat Pupuk Dari Sabut Kelapa

Cara Membuat Pupuk Dari Sabut Kelapa :

Pupuk organik cair merupakan larutan hasil pembusukan bahan organik dari sisa tumbuhan, kotoran hewan dan manusia yang mengandung lebih dari satu unsur hara. Secara umum pupuk cair organik tidak merusak tanah dan tanaman meskipun digunakan sesering mungkin. Salah satu pupuk organik (POC) yang mudah dibuat dan bahan bakunya juga mudah ditemukan di sekitar kita adalah POC dari perendaman sabut kelapa. Tanaman kelapa merupakan tanaman yang multifungsi dengan berbagai manfaat dan khasiat yang dikandungnya. Baik untuk manusia dan tumbuhan lainnya. Bagian kegelapan yang kita lihat di lapangan hanya menjadi limbah, termasuk sabut kelapa. Selain bisa diolah menjadi kerajinan rumah tangga, sabut kelapa juga bisa diolah menjadi pupuk organik cair.

Cara Membuat Pupuk Dari Sabut Kelapa

Sebagai pupuk organik cair, perendaman sabut kelapa memiliki banyak manfaat bagi tanaman, terutama kandungan Kalium (K) dan Fosfor (P) yang sangat tinggi, membantu menambah daya isi dan bobot hasil pada gabah serta membuat tanaman lebih tahan terhadap keterpurukan tersebut. itu juga berfungsi termasuk:

• Berfungsi juga sebagai katalisator dalam kasus reaksi biokimia pada jaringan tanaman

• Sangat berperan dalam pembentukan karbohidrat dan lemak

• Tanaman lebih tahan atau adaptif terhadap kekeringan

• Meningkatkan ketahanan terhadap hama dan penyakit

• Akar menjadi lebih banyak dan tumbuh lebih luas

• Meningkatkan hasil panen karena daun, bunga dan buah tidak mudah rontok

• Kualitas hasil panen, terutama buah-buahan semakin baik. Padahal, rasa buahnya lebih manis.

Alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat POC dari sabut kelapa adalah:

1. Drum / tong air / jerigen yang ada tutupnya

2. Pisau / parang

3. Sabut kelapa 1 kg

4. Air 100 liter

5. Gula merah 100g

6. EM-4 100 ml (1 tutup botol = 15 ml)

CARA MEMBUAT POC DARI RAMBUT KELAPA

• Pisahkan sabut kelapa dari buahnya. Angkat sabut kelapa yang masih saling menempel dan letakkan di wadah.

• Larutkan gula merah dengan 10 liter air dalam wadah terpisah.

• Campurkan EM4 ke dalam larutan gula merah.

• Tuang adonan ke dalam wadah berisi sabut kelapa, lalu tutup rapat.

• Buka tutup ember setiap pagi selama beberapa detik untuk membuang gas yang timbul.

• Simpan dan simpan di tempat yang tidak terkena sinar matahari. Biarkan selama 2 minggu.

Pada hari ke 15, buka tutupnya. Amati perubahan warnanya. Jika warna air rendaman sudah berubah menjadi agak coklat kehitaman atau kuning tua dan berbau seperti lakban, ini tandanya pupuk organik cair (POC) sudah siap dan siap diaplikasikan.

CARA PENERAPAN PUPUK KELAPA POC

• Aplikasi pada akar, cukup campurkan larutan POC dengan air bersih dengan perbandingan 1: 3. Oleskan pada tanaman dengan dosis kurang lebih 2 ml per tanaman seminggu sekali.

• Aplikasikan pada daun, campurkan larutan POC dan air bersih dengan perbandingan 1: 5 dan semprotkan langsung pada daun dan batang tanaman seminggu sekali

• Pemberian tanaman padi baik untuk digunakan pada umur tanaman sedang dalam masa generatif karena akan menyediakan kebutuhan kalium (K) untuk pengisian bulir padi.

• POC sabut kelapa sangat baik diberikan pada saat umur tanaman masih dalam persemaian guna merangsang perakaran dan batang tanaman

• Pemupukan tanaman dengan POC sebaiknya dilakukan seminggu sekali

Dan disini saya juga akan memberikan tips singkat tentang Cara Membuat Pupuk Sabut Kelapa. Baca artikel di bawah ini:

Saat mengupas kelapa, pastikan sabut kelapa langsung dibuang karena dianggap sampah. Namun tahukah anda bahwa sabut kelapa bermanfaat untuk didaur ulang menjadi pupuk. Pada umumnya sabut kelapa hanya digunakan sebagai bahan bakar memasak di dapur. Padahal, selain itu sabut kelapa juga bisa dijadikan pupuk organik. Dalam sabut kelapa terdapat bahan yang dibutuhkan tanaman seperti kalium dan klorida. Fungsi kalium dan klorida bagi tanaman adalah memperkuat akar. Cara mengolah sabut kelapa menjadi pupuk cukup mudah, jadi bisa dibuat sendiri di rumah. Jika Anda tertarik untuk membuatnya, berikut ini cara membuat pupuk dari sabut kelapa.

Alat dan bahan yang dibutuhkan:

18. Sabut kelapa 25 kg

2. 1 buah drum bekas

3. Air 40 liter

Cara pembuatan:

Untuk membuat pupuk sabut kelapa, bersihkan sabut dari kulit luarnya. Masukkan sabut kelapa yang sudah dibersihkan ke dalam drum bekas. Isi drum dengan air hingga terisi setengah. Tutup drum dengan rapat dan letakkan di tempat teduh. Jauhkan dari sinar matahari dan air hujan. Diamkan selama kurang lebih 15 hari. Cek pada hari ke 16, jika warna air rendaman berubah warna menjadi kuning kehitaman, pupuk cair KCL dari sabut kelapa siap digunakan untuk pupuk tanaman.

Pemakaian pupuk cair sebanyak dua kali dalam satu masa tanam. Pertama, gunakan sebagai pupuk dasar sebelum menanam tanah. Kedua, setelah tanaman memasuki masa pertumbuhan awal. Pemberian pupuk dilakukan tanpa tambahan air dan disemprotkan langsung ke tanaman.

Demikianlah artikel tentang Cara Membuat Pupuk Dari Sabut Kelapa yang dapat saya sampaikan kali ini. Terimakasih. Semoga bermanfaat.

BACA JUGA  4 Bahan Neon Box Outdoor Terbaik Untuk Bisnis Anda