Cara Fermentasi Pakan Kambing

Cara memfermentasi pakan kambing dengan Em4 merupakan salah satu cara pembuatan pakan kambing yang banyak diterapkan. Fermentasi ini memiliki keunggulan dalam mengawetkan pakan untuk beberapa hari kedepan dan dengan adanya fermentasi ini nutrisi yang terdapat pada pakan tidak akan hilang. Cara pembuatan pakan dengan cara fermentasi ini sangat cocok untuk kambing atau domba.

Salah satu jenis kambing yang menggunakan pakan fermentasi adalah kambing potong. Kambing potong merupakan jenis kambing yang dipelihara untuk diambil dagingnya. Masa penggemukan memakan waktu kurang lebih 6 bulan. Selama masa penggemukan ini harus disediakan pakan yang bergizi tinggi dan berkualitas agar dapat meningkatkan bobot dengan cepat. Jika penggemukan lebih cepat maka nilai jual kambing akan lebih tinggi.

Asupan pakan yang baik dan nutrisi yang tinggi dibutuhkan selama masa penggemukan ini. Jenis pakan yang biasanya diberikan pada ternak antara lain rumput, hijauan daun, jerami, rumput, dedak padi, vitamin dan pakan tambahan lainnya. Semua pakan harus tersedia dan disiapkan untuk mendukung dan membantu produktivitas dan penggemukan kambing.

Kendala yang banyak dihadapi peternak adalah sulitnya mencari pakan di musim kemarau. Saat musim kemarau, kecukupan pakan hijau sangat terganggu. Sedangkan pada musim penghujan keberadaan bahan pangan hijau sangat melimpah sehingga kebutuhannya sangat mudah untuk dipenuhi.

Melihat kondisi tersebut di atas maka perlu dicarikan solusi agar kebutuhan pakan kambing tetap terpenuhi pada saat musim hujan dan musim kemarau. Salah satu upaya pemenuhan paka pada musim kemarau adalah dengan melakukan fermentasi pakan kambing menggunakan em4. Fermentasi ini merupakan salah satu cara pembuatan pakan dengan memberikan ragi atau prebiotik agar pakan tetap dapat bergizi baik bahkan dapat meningkatkan pencernaan ternak.

Cara memfermentasi pakan kambing sangat mudah dan tergolong sangat mudah. Cara pembuatan pakan fermentasi ini yaitu dengan memberikan cairan prebiotik ke dalam campuran pakan hijau atau pakan lain yang dapat difermentasi. Salah satu cairan prebiotik yang sering digunakan adalah jenis prebiotik Em4.

Cara Fermentasi Pakan Ternak Kambing dengan Em4

Menurut penelitian para ahli pakan, pakan yang diproses dengan fermentasi pakan kambing dengan em4 memiliki banyak keunggulan. Keunggulannya bisa memperbaiki sistem pencernaan, meningkatkan produktivitas pertumbuhan tubuh, menambah nafsu makan.

Dari segi pemeliharaan, metode fermentasi ini akan membantu stok pakan untuk beberapa waktu ke depan, sehingga tidak perlu disibukkan dengan kegiatan mencari makan. Selain itu pemberian pakan fermentasi membuat kotoran ternak tidak berbau, daging menjadi lebih berlemak dibandingkan hanya diberi pakan hijauan.

Cara Fermentasi Pakan Kambing

Cara membuat pakan kambing fermentasi dengan em4 tergolong sangat mudah dan mudah dalam pengaplikasiannya. Caranya adalah sebagai berikut:

1. Siapkan prebiotik tipe Em4 yang dapat dibeli di peternakan atau toko pertanian;

2. Siapkan tempat yang luas untuk mencampur bahan dan memproses fermentasi;

3. Bahan pakan yang dapat difermentasi adalah jerami, gedebog pisang, rumput hijau;

4. Cincang atau potong semua hijauan menjadi ukuran yang lebih kecil, agar cepat dan ukurannya seragam, anda bisa menggunakan mesin pencacah;

5. Larutkan molase atau air gula dan probiotik em4 (sesuai ukurannya) dengan air menjadi 1 dengan jumlah yang disebutkan di atas.

6. Siapkan terpal untuk mengaduk semua bahan lalu larutkan cairan prebiotik, agar mudah tercampur di atas terpal;

7. Masukkan semua bahan ke dalam wadah sedikit demi sedikit lalu injak hingga padat;

8. Tutup semua bahan dengan rapat menggunakan piring agar proses fermentasi lebih lengkap;

9. Pakan fermentasi ini bisa dibuka setelah 2 minggu dan siap diberikan ke ternak.

Seiring berjalannya waktu, bermunculan berbagai metode dan cara pembuatan pakan kambing alternatif. Salah satu cara terbaru dalam pembuatan pakan kambing adalah pakan ternak instan yang semua bahan pakannya sudah dicampur satu sama lain yang lebih dikenal dengan pakan lengkap atau pakan lengkap.

Pakan lengkap merupakan metode pembuatan pakan alternatif terbaru. Inovasi pakan lengkap ini adalah dengan mencampurkan semua bahan terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan ternak. Kandungan pakan ini berupa karbohidrat, protein, serat, vitamin mineral yang dibutuhkan untuk penggemukan ternak.

BACA JUGA  Cara Mendapatkan Banyak Like FB