Buah yang Mengandung Vitamin C Tinggi

Kalau selama ini Anda mengira buah jeruk adalah buah yang mengandung vitamin C paling banyak, maka hal tersebut sepenuhnya salah. Ya, ternyata masih ada buah yang mengandung vitamin C lainnya dengan kadar melebihi jeruk. Wah, buah apa sajakah itu?

buah-yang-mengandung-vitamin-c-doktersehat

Manfaat Buah yang Mengandung Vitamin C
Vitamin C adalah salah satu jenis vitamin yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh, baik untuk menjaga kesehatan, maupun mencegah serta mengatasi berbagai macam penyakit. Contoh manfaat vitamin C bagi tubuh di antaranya:

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Mengobati sariawan
Memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak
Merawat kesehatan kulit
Merawat kesehatan mata
Mengoptimalkan penyerapan zat besi
Meningkatkan fungsi otak
Mengobati infeksi
Menurunkan tekanan darah tinggi
Mencegah asam urat
Mencegah kanker
Meminimalisir risiko penyakit kardiovaskular (jantung, stroke)
19 Pilihan Buah yang Mengandung Vitamin C
Tidak, kali ini kita tidak akan membahas jeruk sebagai buah yang memang identik dengan vitamin C. Faktanya, ada banyak jenis buah lainnya yang juga kaya akan vitamin tersebut. Apa saja buah yang mengandung vitamin C dengan kadar tinggi tersebut? Berikut informasinya!

  1. Kiwi
    Buah dengan daging berwarna hijau ini ternyata merupakan buah tinggi vitamin C, lho! Bahkan, kandungan vitamin C pada kiwi lebih besar ketimbang jeruk. Sebagai informasi, satu buah jeruk mengandung 71 mg vitamin C, sedangkan kandungan vitamin pada buah kiwi mencapai 92,7 mg per buahnya.

Selain vitamin C, kiwi juga mengandung zat bergizi lainnya seperti vitamin A, vitamin E, dan Vitamin K. Mineral dan asam lemak omega-3 juga tidak luput dari kandungan buah kiwi, yang mana kedua zat tersebut penting sekali untuk menurunkan risiko penyakit stroke.

  1. Pepaya
    Pepaya juga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, yakni 94 mg per buahnya. Sebagai buah yang mengandung vitamin C dengan kadar tinggi, manfaat pepaya bagi kesehatan tubuh sangat banyak, seperti memperkuat tulang dan merawat kulit.

Buah pepaya juga memiliki kandungan nutrisi lainnya, seperti vitamin A, vitamin B kompleks, kalsium, dan kalium yang bermanfaat untuk melancarkan pencernaan hingga mengendalikan tekanan darah.

  1. Nanas
    Sekitar 125 ml atau setengah gelas buah nanas mengandung 39-49 gram vitamin C, jumlah yang cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin ini.

Tidak hanya vitamin C, nanas juga mengandung zat bernama Bromelain. Bromelain adalah enzim pencernaan yang berfungsi untuk memecah protein pada makanan, pun mengurangi rasa kembung pada perut.

  1. Stroberi
    Buah dengan rasa manis asam ini memiliki kandungan 52 mg vitamin C per 125 ml-nya. Menurut sejumlah penelitian, buah stroberi memiliki manfaat untuk mencegah penuaan, gangguan syaraf, peradangan, hingga kanker sekalipun.

Ini karena selain vitamin C, stroberi juga mengandung antioksidan, vitamin B kompleks, vitamin A, vitamin E, kalium, zat besi, fluor, dan iodium.

  1. Mangga
    Kadar vitamin C pada buah mangga memang tidak sebanyak buah-buah di atas, yakni hanya 29 mg. Namun, tetap saja buah mangga jadi salah satu sumber buah vitamin C yang patut untuk Anda konsumsi. Lagipula, mangga juga diperkaya dengan kandungan nutrisi bermanfaat bagi tubuh lainnya, seperti polifenol yang merupakan antioksidan pencegah kanker payudara dan usus besar.
  2. Paprika
    Anda yang gemar mengonsumsi pizza pasti sudah tidak asing lagi dengan buah yang satu ini, bukan? Nah, ternyata paprika, baik paprika merah maupun paprika kuning, memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, yaitu 190 mg (paprika merah), dan 155 mg (paprika kuning).
  3. Leci
    Leci yang berasal dari Tiongkok juga merupakan salah satu buah vitamin C. Buah yang mirip dengan rambutan ini memiliki kandungan vitamin C yang tergolong tinggi dan mencegah penyakit campak, yakni sekitar 132 mg per 100 gram-nya.

Kandungan lainnya yang terdapat di dalam buah leci yakni:

Polifenol, berfungsi untuk menangkal radikal bebas, menyeimbangkan kadar cairan tubuh, dan mencegah infeksi.
Vitamin B kompleks dan flavonoid, berfungsi untuk melindungi tubuh dari risiko kanker dan tumor.
Tidak hanya itu, mengonsumsi buah leci secara rutin juga dipercaya mampu memperlambat proses penuaan, baik pada pria maupun wanita.

  1. Markisa
    Di balik rasanya yang menyegarkan, apalagi kalau disajikan dalam bentuk sirup, markisa menyimpan kandungan vitamin C yang cukup banyak, yakni sekitar 72 mg/100 gram. Ini menjadikan markisa memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh, seperti:

Menangkal radikal bebas
Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Mencegah pertumbuhan sel kanker
Mengurangi risiko penyakit jantung

  1. Belimbing
    Belimbing adalah buah tropis yang juga kaya akan kandungan vitamin C di dalamnya. Buah yang kalau dipotong-potong akan memiliki bentuk menyerupai bintang ini mengandung 46 mg vitamin C per 100 gram-nya. Selain itu, belimbing mempunyai kandungan serat sebanyak 4 gram dan 40 kalori.

Manfaat belimbing bagi kesehatan di antaranya bisa mencegah perkembangan bakteri penyebab infeksi, membantu metabolisme tubuh, dan menurunkan risiko penyakit jantung serta stroke. Jadi, jangan lupa juga untuk mengonsumsi buah yang mengandung vitamin C ini, ya!

BACA JUGA  Kacamata Terapi Masa Kini Dengan K Ion Nano Premium 5