Amalkan Bacaan Sholawat Jibril agar Kekayaan Makin Berkah

Keutamaan Sholawat dalam Islam

Islam memiliki amalan baik selain berdoa dan berbuat baik kepada sesama manusia, yaitu bersholawat. Sholawat merupakan salah satu cara untuk mendekatkan diri kepada Allah. Ada banyak sholawat yang ada dalam Islam, jika sholawat nariyah, sholawat badar, sholawat burdah, dan sholawat Jibril. Masing-masing sholawat memiliki keutamaan. Oleh karena itu, ada baiknya mengamalkan sholawat tersebut secara bergantian.

Salah satu sholawat yang banyak orang amalkan adalah sholawat Jibril. Tak hanya untuk mendekatkan diri kepada Allah, ternyata ada manfaat sholawat Jibril untuk kekayaan. Jika Anda amalkan sholawat ini dengan kemauan yang tulus, maka Allah akan membukakan pintu rezeki yang lebar. Kali ini kita akan sama-sama membicarakan sholawat Jibril untuk kekayaan. Silakan simak baik-baik, ya!

Pengertian Sholawat Jibril

Sholawat Jibril merupakan salah satu sholawat yang sering umat Islam amalkan. Meski begitu, kemungkinan belum ada yang mengerti namanya. Sholawat Jibril adalah bacaan singkat berupa permohonan kepada Allah SWT untuk Nabi Muhammad SAW dan keluarganya. Bacaan ini dinamakan demikian karena disampaikan oleh Malaikat Jibril saat mengajari Nabi Adam AS sebelum saat mendekati Siti Hawa.

Saat itu, Nabi Adam ingin memegang Hawa, namun Allah SWT melarang karena keduanya belum menikah. Kemudian, Nabi Adam AS mesti membayar mahar kepada Hawa. Nabi Adam AS pun menanyakan mahar apa yang mesti ia berikan. Kemudian, Allah SWT meminta Nabi Adam AS membacakan sholawat untuk kekasih-Nya (Nabi Muhammad SAW). Kemudian, Malaikat Jibril mendekat ke Nabi Adam dan membisikkan sholawat Jibril. Sampai sekarang, sholawat tersebut dinamakan sholawat Jibril.

Bacaan Sholawat Jibril untuk Kekayaan

Sholawat Jibril memiliki bacaan yang pendek. Dengan begitu, setiap umat Islam akan mudah mengamalkannya.

Berikut adalah bacaan sholawat Jibril untuk kekayaan:

صَلَّى اللهُ عَلَى مُحَمَّد

Shallallaahu ‘ala Muhammad

Artinya: (Ya Allah) berikanlah rahmat-Mu kepada Nabi Muhammad dan keluarganya.

Untuk melengkapi bacaan sholawat Jibril untuk kekayaan di atas, sebaiknya Anda lanjutkan dengan doa sebagai berikut:

Bismillahirrahmanirrahim. Allahumma a’thinii tsawaaba shallallahu ‘alaa Muhammad an tarzuqanii syai’an asta ‘iinu bihi ‘alath-thaa ‘ah subhaana rabbika rabbil ‘izzati ‘ammaa yashifuun wasalaamun ‘alal mursaliin walhamdulillahi rabbil ‘aalamiin.

Artinya: Dengan nama Allah yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Ya Allah, datangkanlah padaku pahala Shalallahu ‘Alaa Muhammad, berilah rezeki padaku, sesuatu yang bisa menolongku untuk taat. Maha suci Tuhanmu, Tuhan yang Maha Mulia dari apa yang mereka sifatkan dan salam sejahtera untuk para Rasul dan segala puji kepada Allah Tuhan semesta alam.

Keutamaan Sholawat Jibril untuk Kekayaan

Sholawat Jibril untuk kekayaan memiliki beberapa keutamaan bagi siapa pun yang mengamalkannya. Jika Anda ingin memiliki hidup yang lebih bermakna, ada baiknya mulai mengamalkannya.

Berikut adalah keutamaan sholawat Jibril untuk kekayaan:

1. Membuka 70 Pintu Rahmat

Keutamaan sholawat Jibril untuk malaikat yang pertama adalah dibukanya 70 pintu rahmat. Hal ini sejalan dengan pengakuan Imam Asy-Sya’rani:

“Telah bersabda Nabi SAW: ‘Barang siapa yang membaca sholawat ini, dapat dibukakan ke atas dirinya tujuh puluh pintu dari rahmat, dan Allah dapat tempatkan kecintaan-Nya pada kalbu-kalbu manusia. Tiada yang jadi marah kepadanya melainkan orang yang memiliki kemunafikan di dalam kalbunya.’ “

2. Dicintai Allah SWT & Rasulnya

Keutamaan sholawat Jibril untuk kekayaan sesudah itu adalah membawa dampak pengamalnya dicintai Allah SWT dan rasul-Nya. Sebab, bacaan ini merupakan kalimat mulia berisi doa.

Hal ini sesuai dengan pengakuan As-Sakhawi As-Syafi’i:

“Aku telah mendengar Al-Khidir dan Ilyas, dan mereka berdua telah berkata, ‘Kami telah mendengar Rasulullah SAW bersabda: ‘Tiadalah seorang yang beriman mengucapkan,

‘Semoga Allah melimpahkan sholawat ke atas Muhammad’, melainkan akan dijadikan manusia mencintainya, walau mereka sedang membencinya. Demi Allah, tiadalah mereka mencintainya sehingga Allah mencintainya.’ “

3. Allah Menghapus Kejelekannya dan Mengangkat Derajatnya

Sholawat Jibril merupakan salah satu kalimat yang mulia. Allah SWT dapat menghapus keburukan dan mengangkat derajat orang yang rajin mengamalkannya. Bahkan Rasulullah SAW pernah bersabda:

Ketika seseorang bersholawat kepadanya sebanyak satu kali, Allah SWT akan bersholawat kepada orang tersebut sebanyak sepuluh kali, menghilangkan sepuluh keburukan, serta mengangkat derajatnya.

4. Mendapat Salam dan Kebaikan Rasulullah SAW

Jika seseorang rutin mengamalkan sholawat Jibril, juga tujuan untuk kekayaan, maka dia dapat disambut salam dari malaikat saat meninggal. Mereka yang mendapat kelebihan ini umumnya mengamalkan sholawat Jibril tiga kali setelah shalat lima waktu.

5. Membuka Pintu Rezeki dari Setiap Arah

Allah SWT adalah Tuhan Yang Maha Kasih kepada setiap makhluk-Nya juga memberikan apa-pun yang umat-Nya butuhkan jika senang menaati perintah agama. Dengan mengamalkannya sebanyak 5.000 kali sehabis sholat dhuha akan mendekatkan seseorang kepada rezeki yang banyak. Allah SWT pun akan memenuhi kebutuhannya dan membawa dampak umatnya berlimpah harta yang berkah.

Cara Mengamalkan Bacaan Sholawat Jibril

Sholawat Jibril untuk kekayaan bisa membantu seseorang lebih dekat kepada kebaikan. Selain itu, Allah SWT dapat mendekatkan rezeki kepadanya. Ada beberapa cara untuk mengamalkan sholawat Jibril untuk kebaikan. Umumnya, jadi banyak jumlahnya dapat jadi baik.

Dalam buku At-Thabaqatul Kubro yang ditulis oleh Imam Syahroni, disebutkan bahwa:

Rasulullah SAW bersabda, orang yang mengucapkan sholawat Jibril sebanyak 70 kali dapat dibukakan 70 pintu rahmat.

Allah juga akan memberikan lebih banyak cinta ke hatinya supaya lebih tenang dan mudah mengendalikan emosi. Jika Anda amalkan 1.000 kali setiap hari, maka Allah melancarkan rezeki. Semakin banyak dan konsisten, maka akan lebih banyak kebaikan yang Anda dapat. Setelah membaca sholawat Jibril untuk kekayaan, Anda bisa melanjutkan denngan bacaan doa pelengkapnya. Hal tersebut akan meningkatkan nilai kebaikan pembacanya.

BACA JUGA  Cara Sukses Menjadi Pengusaha Muda. Begini Caranya!